Mengetahui Lebih Dalam Tentang Bunga KPR

KPR merupakan sebuah kepanjangan dari Kredit Kepemilikan Rumah, yang berarti kredit jangka panjang yang diberikan oleh suatu bank kepada seorang debitur untuk membangun rumah atau membeli rumah dengan jaminan sertifikat kepemilikan rumah tersebut beserta lahannya. Dalam menggunakan KPR maka anda tentu harus mengetahui tentang bunga KPR. Bunga ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan ketetapan dari bank. Sifat penggunaan KPR ini untuk jangka panjang, karena cara ini termasuk sebuah kredit yang jangka waktu mengangsurnya bisa sampai puluhan tahun lamanya.

Untuk menghitung bunga KPR maka anda harus mengetahui 2 beberapa metode dalam menghitungnya, yaitu flat dan efektif. Didalam metode efektif maka bank akan menghitung bunga berdasarkan dari saldo pokok pinjaman bulan sebelumnya. Sedangkan pada metode flat sebuah bank akan menghitung bunga bergantung dari pokok pinjaman awal, bukan dari sisa pinjaman anda. Beberapa keuntungan menggunakan KPR yaitu:

1. Anda tidak perlu menyediakan uang tunai untuk membeli rumah yang diinginkan, cukup menyediakan uang muka dan biaya kredit.
2. Pembayaran dapat diangsur dalam jangka waktu tertentu tergantung dengan bank.
3. Jika membeli sekarang akan lebih baik dibanding menunggu. Karena harga rumah akan semakin naik.
4. Kepastian hukum akan lebih terjamin karena dokumen rumah telah diselidiki langsung oleh bank.

Membahas mengenai perhitungan bunga KPR dengan metode flat, debitur akan membayar jumlah bunga yang selalu sama pada setiap bulannya. Karena pokok pinjaman yang digunakan untuk pengali dari bunga tidak akan berubah. Metode perhitungan bunga ini sangat bermanfaat untuk mengatur pengeluaran bulanan anda sehingga lebih seimbang. Karena dengan memperhitungkannya maka anda tahu berapa angsuran yang harus dibayar atas kredit rumahnya.

Sementara pada metode efektif maka perhitungan dari bunga KPR ini diatur dengan metode anuitas agar angsuran pokok beserta bunganya dibayar dengan jumlah yang sama tiap bulannya. Pada setiap pembayaran maka akan terdapat bunga dan komponen pokok. Biasanya bank memiliki alat untuk menghitung suatu biaya anuitas. Akan terlihat bahwa angsuran pada bulan pertama dan keduanya nanti besarnya tetap sama. Sehingga memudahkan anda dalam membayar angsuran.

Iklan