Mengenal Simulasi Kredit Rumah (KPR)

Simulasi kredit rumah atau simulasi KPR adalah sebuah gambaran mengenai sebuah proses kredit kepemilikan rumah yang wajib dilakukan oleh setiap nasabah yang akan membeli rumah melalui sitem KPR. Proses tersebut akan dilakukan pihak kreditur atau pihak pemberi kredit (pada umumnya merupakan pihak Bank) dengan nasabah yang akan mengajukanpermohonan pembelian rumah dengan menggunakan kredit KPR.

Pihak pemilik rumah atau developer sendiri dalam hal ini tidak terlibat di dalam simulasi kredit rumah. Hal tersebut disebabkan karena pihak pemilik atau developer nantinya merupakan pihak yang akan menerima atau mendapatkan pembayaran dari pihak kreditur (pihak pemberi kredit). Kemudian, langkah selanjutnya dilaksanakan sesuai dengan perjanjian yang sudah dibuat dan disepakati oleh masing-masing pihak. Dimana seorang nasabah sebagai pihak pemohon kredit dan calon pemilik rumah dituntut untuk harus selalu tepat waktu dan sesuai kesepakatan yang sudah disepakati dan disetujui sehubungan dengan pengaajuan permohonan kredit.

Simulasi kredit rumah ini kemudian akan dibuat oleh pihak Bank. Biasanya simulasi akan berbeda-beda tergantung dengan Bank apa yang dipilih sebagai penyedia layanan kredit. Oleh karena itu, bukan hal yang mengherankan lagi apabila kebijakan dan juga jangka waktu kredit akan berbeda satu dengan yang lainnya. Selain itu, ada perbedaanlain pada penetapan uang muka yang harus dibayarkan oleh nasabah dan beberapa penetapan mengenai bunga. Ini merupakan informasi sangat penting yang akan dijelaskan didalam simulasi dan bisa menjadi gambaran untuk para nasabah yang akan mengajukan permohonan kredit.

Dalam proses ini, nasabah sangat berhak meminta simulasi kredit rumah dari Bank yang menyediakan sistem kredit KPR. Meskipun secara umum jika anda membeli sebuah rumahdari pihak developer, nasabah akan langsung mendapatkan beberapa pilihan Bank dan juga mengenai pilihan jangka waktu yang akan diambil. Dalam hal ini berhubungan dengan besar cicilan atau angsuran kredit yang mereka ajukan. Hal berdasarkan karena adanya pihak developer yang sebelumnya sudamelakukan kerja sama dengan bank-bank yang dijadikan pilihan oleh pihak nasabah itu sendiri.

Iklan